Halaman

Kamis, 13 September 2012

BAHAN DOSEN

Mata Kuliah : Pengantar Bisnis
Dosen          : Kuta Ginting, MSM.
Tanggal        : Selasa, 11 September 2012
Jumlah sks   : 2 sks


PENGANTAR BISNIS

Bisnis adalah perusahaan.

Perusahaan adalah gabungan faktor produksi, merupakan satu sistem yang dikelola untuk menghasilkan barang atau jasa secara efisien untuk memenuhi kebutuhan manusia melalui proses pertukaran atau untuk dijual dengan harapan memperoleh keuntungan.

Sistem adalah gabungan berbagai unsur berinteraksi dan saling mempengaruhi dalam mencapai suatu tujuan. Pandangan sistem berlaku dalam pengertian bisnis, yaitu banyak unsur terdiri dari unsur intern dan unsur ekstern yang mempengaruhi kehidupan suatu bisnis.

Unsur intern : Pemilik, karyawan, teknologi dan bahan yang digunakan atau 4M (Man,...., Machines, Materials). Unsur ekstern : pelanggan, supplier, pesaing, pemerintah, dan lembaga keuangan.

Unsur-unsur yang mempunyai kekuatan tidak langsung untuk mempengaruhi perusahaan adalah perkembangan teknologi, keadaan perekonomian dan politik.

Bisnis sebagai suatu sistem dapat digambarkan sebagai berikut ini.

International : UU / PP, Keadaan perekonomian teknologi, sosbud
Nasional : UU / PP, Keadaan perekonomian teknologi, sosbud
Input   ----->       Process            ----->    Out put          ----->   Consumers 

Men                    Form Utility                    Goods                         Buyers
Money                Time Utility                     Services                      Quantity
Machines             Place Utility                                                      Quality 
Materials                                                                                      Cost 
Natural                Possesion utility                                                 Delivery
Resources           Services utility                                                   (Time)
Information         Extractives 
Entrepreneur       Agriculture



Sesuai dengan gambaran bisnis sebagai satu sistem, maka pokok bahasan dalam kuliah Pengantar Bisnis adalah :

      1.      Pengertian bisnis dan unsur-unsur yang mempengaruhi bisnis.
      2.      Peranan bisnis dalam masyarakat.
      3.      Jenis-jenis bisnis dan karakteristiknya berdasarkan jenis proses, sifatnya, besar
       kecilnya, kepadatan modal, pemilik, bentuk hukum kepemilikan, kolom
       perusahaan (hulu ke hilir),
 dan perubahan lingkungan.
     4.      Pengelolaan bisnis: bagaimana mendirikan suatu bisnis, fungsi-fungsi manajemen,
      fungsi-fungsi bisnis (pemasaran, produksi, SDM, Keuangan, dan lain-lain).
     5.      Pasar modal
     6.      Sistem informasi manajemen.


Unsur-unsur yang mempengaruhi kehidupan perusahaan :
1. Pemilik     : Pengetahuan, keterampilan, modal yang dimiliki, jaringan dan informasi
    yang dimiliki, gaya  manajemen.
2. Karyawan : Pengetahuan, keterampilan, motivasi, tugas dan tanggung jawab.
3. Teknologi : Peralatan/mesin yang dipergunakan, mutu, kuantitas produk, waktu.
4. Pelanggan : Daya beli, selera, jumlah.
5. Supplier : Jumlah, kualitas, harga.
6. Pesaing : Harga, jumlah,kualitas
7. Sosbud : Permintaan pada waktu tertentu (Lebaran, tahun baru dan lain-lain).
8. Pemerintah : Pajak, izin usaha, UMR, lokasi usaha, sistem ekonomi yang dianut.
9. Lembaga Keuangan : Tingkat bunga, jumlah pinjaman dan lain-lain.

Peranan bisnis dalam masyarakat dapat digambarkan dalam arus perputaran barang
dan jasa sebagai berikut ini.


             
                                       memperoleh                                      dari
 Perusahaan   |-------------------------------------|  |--------------------------------| Masyarakat
Faktor Produksi
Uang
Pasar
                                              

Pasar  
Uang     
Barang / Jasa
                                 memperoleh                                     dari
Masyarakat  |--------------------------| Barang / Jasa | -----------------------|   Perusahaan
                                                                                                 
                                                                                                                                       
                Perusahaan membayar                     Membeli  barang / jasa dari          
            |-------------------------------PEMERINTAH ----------------------------------| Perusahaan
                     Berupa PAJAK


 Dalam arus perputaran barang / jasa dapat dilihat bahwa :
 1.      Perusahaan memperoleh faktor produksi dari masyarakat dan masyarakat
        memperoleh barang jasa atas
faktor produksi yang diserahkan kepada perusahaan.
 2.      Masyarakat membeli barang/jasa dari perusahaan.
       3.      Hubungan antara perusahaan dan masyarakat terjadi melalui pasar.                    
       4.      Pemerintah membeli barang / jasa dari perusahaan dan memperoleh pendapatan
       berupa pajak.
       5.     Harga ditentukan di pasar.

Ada beberapa bentuk pasar berdasarkan tingkat persaingan (degree of competition)
      1.       Pasar persaingan sempurna (pure competition)
      2.       Pasar persaingan monopoli (monopolistic competition).
      3.       Pasar oligopoli (Oligopoly).
      4.       Monopoli (Monopoly).


Karakteristik dari bentuk – bentuk pasar.



Characteristics
Pure Comp.
Monopolistic Comp.
Oligopoly
Monopoly
1. Example
    (contoh)
Local Farmer
Petani Lokal
Stationery Store
Toko Alat-alat tulis/kantor
Steel
Industry
Publictility
2. Number of  
    Comp.
   Jumlah Pesaing
Many
(banyak)
Many but fewer then
In pure Comp.
Fewer
Sedikit
None Tidak ada

3. Ease of entry   
    into industry.
   Kemudahan
   memasuki
   Industri
Ease (mudah)
Relatively Ease
Relatif Mudah
Difficult
Susah
Regulere
Goverment
4. Similarity of
    Goods or
   services offered
   by conpeting
  firms. Kesamaan
   produk dengan
  pesaing
Identical
(Identik sama)
Simillar. Hampir sama
Can be
Simillar or
Different
Hampir
 sama
atau
berbeda
No directly
competing
goods or
services
5. Level ofcontrol
   over price by
   individual firms.
   Kemampuan
  masing-masing
  perusahaan
  mempengaruhi
  harga
None (tidak ada)
Some. Sampai batas tertentu tidak mutlak
Some.
Sampai
batas
tertentu
tidak
mutlak
Considered
sangat
menentukan


Perusahaan dapat mempengaruhi lingkungan luar melalui :
 1. Advertising (advertensi)
 2. Lobbying (lobby)
 3. Collective bargaining (perundingan kolektif)

Perusahaan dapat juga menyesuaikan diri dengan lingkungan luar melalui
1. proses perencanaan.
2. rancangan organisasi

Perubahan lingkungan luar dapat dibagi dalam tiga tingkatan :
1. Stable (Stabil): industri pengolahan hasil bumi, oil refinery.
2. Change (berubah): konstruksi, kantor konsultan.
3. Turbulent/rapid change: fashion, eletronics chemical.

Pengelompokan perusahaan berdasarkan jenis proses :
1. Form utillity : industri
2. Time utillity : pertokoan
3. Place utillity : pengangkutan
4. Possesion utillity : pemilikan

Pengelompokan perusahaan berdasarkan sifatnya :
1. Agraris : menghasilkan barang dengan bantuan alam.
2. Ekstraktif : melepaskan barang dari ikatan alam.

Sumber : Kuta Ginting , MSM ( STIE JAYAKUSUMA)


Tidak ada komentar: